Ide Bikin Konten di Instagram: Flatlay

Di zaman yang apa-apa dibikin konten media sosial kayak sekarang ini, ide-ide buat bikin konten makin luas aja ya, nggak cuma posting foto selfie, wefie atau coffee. Masih banyak lagi ide lain untuk mengisi konten di akun media sosial kayak yang sekarang lagi gue senengin ini. Flatlay.





Secara sederhana, flatlay adalah teknik pengambilan gambar dari atas objek (antara 45 - 90 derajat) dengan latar yang datar (flat). CMIIW. Objeknya bisa macem-macem, biasanya yang sering jadi objek flatlay itu makanan sama kopi, tapi makin ke sini makin banyak objek yang lebih menarik dari kedua itu.

Baca juga: 7 REKOMENDASI AKUN INSTAGRAM YANG COLORFUL

Teknik ini sebenernya udah sering banget gue pake untuk konten di media sosial, tapi beberapa hari ini gue mulai seneng lagi nih. Awalnya karena ada temen gue yang bikin konten flatlay di Instagram Stories, kemudian ngobrol-ngobrol, jadilah sebuah ide dadakan yang dieksekusi jadi seperti ini;



Hasilnya emang masih jauh banget dari bagus, karena semuanya masih mentah banget, termasuk idenya. Jadi pas foto itu dibikin ya seadanya aja semuanya, mulai dari konsep, alat sama bahan-bahannya juga. Dari hasil foto ini gue bisa tarik kesimpulan bahwa ada beberapa hal yang menurut gue penting banget ketika bikin konten flatlay walaupun dengan alat yang seadanya. Berikut beberapa diantaranya;

TEMA 

First thing first yang penting banget sih ini, biar kita bisa menyiapkan semua kebutuhannya.

LATAR

Banyak sekali media yang bisa dijadikan latar untuk flatlay. Cara yang paling mudah, kalo nggak punya latar atau ubin yang fotogenic di rumah adalah dengan cara pake karton kayak gue yang pake media karton doff warna hitam.

CAHAYA

Menurut gue cahaya yang paling oke dan yang paling murah bahkan gratis adalah cahaya alami alias cahaya matahari. Nah, karena cahaya matahari ini nggak bisa diprediksi alias bisa aja langit mendung seharian atau bahkan hujan, tapi kalo lagi cerah banget mah diusahakan fotonya dilakukan pada saat golden hour, entah itu mau pagi-pagi atau sore-sore, karena cahaya matahari tidak sedang berada di atas, jadi akan sangat membantu pencahayaan objek dan bisa jadi lebih dramatis.

Saran gue jangan pernah pake flash bawaan kamera atau smartphone karena cahayanya kurang oke dan akan jadi terlihat berlebihan.

KOMPOSISI

Kadang cuma ada dua atau bahkan satu objek doang pun kalo komposisinya pas mah keliatan keren-keren aja gitu. Nah, cara yang paling sederhana supaya bisa dapet komposisi yang pas menurut gue sih pake teknik rule of third aja, sederhananya adalah dengan menempatkan objek berada di antara grid. Selengkapnya bisa googling atau nanti gue bikin postingan lain untuk bahas rule of third.

EDITING

Berhubung menggunakan alat produksi yang sangat terbatas, editing harus banget dilakukan untuk mengatur beberapa komponen kayak cahaya, crop sama warna.

FILTER

Kalo yang ini optional sih, kalo memang dibutuhkan monggo karena kadang ada beberapa filter kayak di VSCO yang bisa membantu memunculkan warna dari objek flatlay itu sendiri.


Menurut gue demikian beberapa hal yang penting ketika akan membuat konten flatlay. Untuk memperluas ide dan inspirasi mengenai flatlay, berikut ada beberapa rekomendasi akun di instagram yang sering menggunakan teknik flatlay:

Alex Setiawan (@itsalexetiawan)

instagram flatlay


Phil Cohen (@thepacman82)


Jiew Vieri (@inijie)



Jadi gimana nih, udah mulai tertarik bikin konten foto flatlay di instagram belum? atau emang udah sering bikin konten flatlay? Kalo ada akun yang sering bikin konten flatlay boleh banget di-share di kolom komentar ya..

Jangan lupa share postingan ini ke temen-temen kalian yang lagi bingung mau bikin konten apa di instagram. Hatur nuhun~

4 komentar

  1. they did great job on flatflay. awesome photos anyway. Salam perkenalan dari Malaysia ^__^

    BalasHapus
  2. Oh ini namanya Flatlay ya. Apik ya. Simple.

    Btw, blogmu ini pake template apa mas? Kok bagus? Boleh share?

    BalasHapus
  3. Iya, mas. Ini salah satu teknik fotografi yang simple-simple-ribet sih sebenernya haha

    Saya pake template gratisan sih ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA. Jangan lupa mampir lagi ke sini. Hatur nuhun